Senin, 17 September 2012

Donor Darah


Donor darah adalah proses pengambilan darah dari lengan (vena) donor untuk kepentingan transfusi darah ke pasien. Tanpa disadari, setetes darah yang disumbangkan mampu menyelamatkan nyawa seseorang. Satu kantong yang disumbangkan dapat diolah menjadi beberapa komponen darah, sehingga bisa menolong lebih dari satu nyawa. Misal, darah lengkap yang diambil dalam satu kantong bisa diolah menjadi komponen sel darah merah dan trombosit, atau masih banyak komponen darah yang lainnya.
Manfaat donor darah :
1.       Di dalam tubuh pendonor terjadi proses regenerasi sel darah (pembentukan sel darah baru). Sistem produksi sel-sel darah akan terus terpicu untuk memproduksi sel-sel darah baru yang akan membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Sirkulasi darah yang baik akan meningkatkan metabolisme dan merevitalisasi tubuh. Siklus pembentukan sel-sel darah baru yang lancar dan metabolisme tubuh yang berjalan baik, membuat berbagai penyakit dapat dihindarkan.
2.       Donor darah secara teratur berarti melakukan pemeriksaan kesehatan sederhana secara teratur. Seperti pemeriksaan kadar haemoglobin dan tensimeter di awal proses donor darah. Kita juga bisa mengetahui keadaan darah kita terhadap penyakit syphilis, HIV, HbsAg dan HCV.
3.       Donor darah akan membantu menurunkan resiko terkena serangan jantung dan masalah jantung lainnya, karena mendonorkan darah akan mengurangi kelebihan zat besi dalam tubuh, menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) yang membentuk aterosklerosis (plak lemak yang akan menyumbat pembuluh darah), terutama pada pendonor yang tidak merokok, serta diharapkan kekentalan darah berkurang sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya penyumbatan pembuluh darah.


Setelah 24 jam setelah berdonor, volume darah akan kembali normal. Sel-sel darah kan dibentuk kembali dalam waktu 4-8 minggu. 
Darah anda tidak akan berkurang karena berdonor. 
Ayo donor darah! J

Rabu, 05 September 2012

MARS PMI

Palang Merah Indonesia
Sumber kasih umat manusia
Warisan luhur Nusa dan Bangsa
Wujud nyata mengayom Pancasila
Gerak juangnya keseluruh nusa
Mendermakan bakti bagi ampera
Tunaikan tugas suci Tujuan PMI
Dipersada bunda pertiwi
Untuk umat manusia
Diseluruh dunia
PMI mengantarkan jasa 

Sabtu, 01 September 2012

Mars PTTD

Jas biru singsingkan lengan bajumu
Bantu sesamA langkahkan kaki
Jas biru singsingkan lengan bajumu
Terus berbakti tak kenal waktu
Teguh berdiri terus berkarya
Ikhlas berbakti pada pertiwi
Jujur berbudi luhur pekerti
PTTD PTTD jiwa muda bersahaja
PTTD PTTD laksana jas biru
PTTD Paramedis Teknologi Transfusi Darah

PTTD PTTD Pengayom Abdi Kemanusiaan